Selasa, 27 Mei 2014

PAMOKSAN SRI AJI JOYOBHOYO KEDIRI.


Loka Moksa / Pamoksan Sri Aji Joyobhoyo.

Bagi Masyarakat Kediri , siapa yang tidak kenal dengan Sri Aji Joyobhoyo yang identik dengan Jangka Joyobhoyo atau Ramalan Joyobhoyo itu. Apalagi bagi warga desa Mamenang - Kec. Pagu Kab. Kediri yang tentu pasti sudah tidak asing bagi mereka , karna Sang Prabu Sri Aji Joyobhoyo diyakini moksa di sekitar tempat ini yang lokasi moksanya lazim disebut LOKA MOKSA , atau PAMOKSAN SRI AJI JOYOBHOYO.
Di tempat inilah Sang Prabu joyobhoyo Moksa beserta jiwa - raganya , dan begitulah kepercayaan Masyarakat tentang Sang Prabu Sri Aji Joyobhoyo , tentang benar tidaknya kita kembalikan pada keyakinan kita masing - masing.
Di Lokasi ini , selain Loka moksa , kita juga akan mendapati Loka Busana ; yaitu tempat Sang Prabu sri Aji Joyobhoyo meletakkan Busananya sebelum Moksa .
Loka Busana
Tentang Sejarah singkat Sang Prabu Sri Aji Joyobhoyo , Insya' Alloh , akan kita uraikan pada halaman tersendiri.
Kalau kita berziarah di tempat ini maka tidak lengkap rasanya kalau kita juga tidak mengunjungi Loka Makota , yaitu tempat Sang Prabu sri Aji joyobhoyo meletakkan Mahkotanya.Antara Loka Moksa , Loka Busana dan Loka makota merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan demikian juga dengan Sendang Tirtokamandhanu yang Lokasinya tak jauh dari Pamoksan Sri Aji joyobhoyo sini.
Dan tiap tangggal 1 Muharrom / 1 suro dalam sistem kalender Jawa diadakan Upacara adat Jawa yang ramai dikunjungi masyarakat , selain ziarah ada juga yang sekedar berwisata.
Perayaan 1 Suro merupakan rutinitas tahunan di tempat ini , yang prosesi acaranya dimulai dari Balaidesa Mamenang kemudian melakukan kirab ke Petilasan Sri Aji Joyobhoyo.

0 Comments:

blogger templates | Make Money Online